Jumat, 16 September 2011

Tips dan Trik Cerdas Matematika

Dalam berbagai kesempatan saya sering ditanya baik oleh teman, siswa, sesama guru,maupun prktisi pendidikan yang lain, bagaimana sih bisa cerdas matematika? Pertanyaan seperti ini kerap kali terlontar oleh mereka-mereka yang merasa kesulitan dengan matematika. Biasanya saya jawab, matematika itu mudah dan sangat mudah, hanya saja memang butuh tips dan trik khusus untuk bisa lebih cerdas dalam matematika.
Berikut ini beberapa trips dan trik untuk cerdas matematika:
1. Sering baca buku matematika
Ini merupakan tips dan trik yang tidak bisa ditawar lagi, karena kuncinya untuk membuka matematika ada disini.

2. Sering latihan soal.
Orang tua kita sering bilang, kalau otak itu seperti pisau harus sering diasah. Sama juga dengan keterampilan matematika pun harus seling dilatih dengan mengerjkan soal-soal.

3. Agresif
Dalam permainan sepak bola ada istilah “pertahanan paling bagus adalah dengan menyerang (baca: agresif lawan defensif atau bertahan)”. Dalam mempelajari matematikapun kita harus agresif mencari sumber-sumber sendiri, jangan istilahnya nunggu disuapin gurunya terus.

4. Kreatif.
Imu pengetahuan pastinya semakin hari akan semakin berkembang terus dan tidak akan mungkin staknan/tetap, oleh karenanya belajar matematikapun tidak cukup baca buku, latihan soal terus menerus, namun dibutuhkan juga sesuatu yang berbeda. Sesekali mungkin, anda perlu membaca cerita-cerita unik masalah matematika maupun game-game seru matematika. Apa ada? Ya ada,anda nantinya bisa temukan banyak di web ini.

5. Berdoa
Ini memang bukan pelajaran agama!!!!!!! Tapi semua tentunya paham dan yakin kalau semua ilmu itu datangnya dari Allah SWT, maka sudah sepatutnyalah kita meminta ilmu itu dari Allah SWT. Seorang ahli filsafat besar seperti aristoteles saja yakin kalau di alam semesta ini ada kekuatan yang mengaturnya yaitu tuhan. Begitu juga ilmu matematika adalah salah satu dari ilmu-ilmu kepunyaan Allah SWT yang maha mengatur seluruh alam ini.

Demikian tadi seklumit tips dan trik cerdas matematika, semoga bisa bermanfaat.

Sumber : http://smartmatika.com/
Template by : kendhin x-template.blogspot.com